SEKILAS INFO
: - Rabu, 23-06-2021
  • 5 bulan yang lalu / Ingat pesan ibu: Pakai maskermu, Cuci tangan pakai sabun dan Jaga jarakmu. Jangan sampai kamu tertular Covid-19. Stay Clean, Stay Safe and Stay Health.
Pilih SMA atau SMK? Bedanya Apa Sih?

Ada yang belum tahu bedanya SMA dengan SMK ? Bingung menentukan pilihan untuk melanjutkan setelah lulus SMP, ke SMA atau SMK ?

SMA dan SMK adalah tingkatan atau jenjang belajar formal yang setara. Tetapi antara SMA dengan SMK terdapat beberapa perbedaan yang signifikan baik dari cara pembelajaran, guru yang mengajar, mata pelajaran atau materi belajar maupun lulusannya.

Berikut saya ulas beberapa perbedaan antara SMA dan SMK. Semoga dengan artikel ini, kamu jadi tidak ragu atau galau lagi untuk menjatuhkan pilihan dalam melanjutkan sekolah setelah lulus dari SMP.

Perbedaan Antara SMA dan SMK

Simak beberapa perbedaan anatara SMA dengan SMK berikut ini :

1. Memiliki Kurikulum Yang Berbeda

Sekolah Menengah Atas (SMA) kurikulumnya berbeda dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);SMA materi dan teorinya lebih diperdalam, prakteknya sedikit sedang SMK teori dan prakteknya seimbang

2. Memiliki Arah Penyiapan Lulusan Yang Berbeda

SMA lulusannya lebih ditekankan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, SMK lulusannya disiapkan untuk bekerja di dunia usaha atau industri

3. Penjurusan Yang Berbeda

Jurusan di SMA berbeda dengan jurusan yang ada di SMK. Biasanya di SMA jurusan yang ada ; IPA, IPS, Bahasa, dan Agama.

Di SMK jurusannya lebih banyak tergantung dari sekolah yang membuka jurusan SMKnya. Contoh SMK Kesehatan ada jurusan farmasi, keperawatan, analis dan lain-lain.

SMK Teknik ada jurusan teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, akutansi, komputer jaringan dan lain-lain

4. Kegiatan Praktek Yang Berbeda

Di SMA praktek yang diajarkan oleh guru mata pelajaran biasanya tidak rutin ada, sedang di SMK seminggu sekali rutin dilaksanakan terutama oleh guru mata pelajaran produktif

5. Program Wajib Yang Berbeda

Di SMA tidak ada program PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan Prakerin (Praktek kerja industri) bagi siswa-siswinya, sedangkan di SMK; PKL dan Prakerin adalah program wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa dengan tujuan supaya siswa memperoleh pengalaman kerja setelah nanti lulus dari SMK

6. Guru Umum VS Guru Produktif

Di SMA tidak akan ada guru produktif yang ada guru umum (adaftif dan normatif), sedangkan di SMK selain guru umum ada juga guru produktif, seperti guru otomotif, guru komputer jaringan, guru farmasi dan lain-lain

7. Mata Pelajaran Yang Berbeda

Di SMA mata pelajarannya tidak akan jauh dari mata pelajaran yang sudah ada di SMP, seperti; Matematika, IPA, IPS dan lain-lain ditambah mata pelajarn sesuai jurusan yang dipilih, sedangkan di SMK ada mata pelajaran khusus kejuruan , contohnya di jurusan farmasi, ada mata pelajaran farmakognosi, farmakologi, pembuatan obat, K3LH, administrasi Farmasi, Undang-undang Kesehatan, ilmu resep dan lain-lain, disesuaikan dengan jurusan masing-masing.

Kesimpulan

Demikian beberapa perbedaan antara SMA dengan SMK yang dapat diulas di artikel ini. Sebenarnya perbedaannya masih banyak.

Hanya kamu tinggal menentukan saja bila kamu ingin punya keahlian khusus supaya bisa cepat kerja di dunia industri atau usaha, maka kamu bisa memilih SMK, sedangkan kalau kamu ingin melanjutkan kuliah lebih baik kamu pilih SMA.

Oke, selamat memilih !

Jatuhkan pilihan sesuai minat, bakat, tujuan dan cita-citamu, bukan hanya pilihan atau saran dari orang tua, saudara atau temanmu saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Kunjungi Kami

Butuh Bantuan? Ngbrol Dengan Kami
Please accept our privacy policy first to start a conversation.