Ibu Wajib Tahu ! Ini Solusi Tepat Bujuk Anak yang Susah Belajar

Please Share

Solusi Tepat Bujuk Anak Yang Susah Belajar

Bunda, merasa sulit ketika menyuruh anak untuk belajar ? Padahal sudah mengeluarkan berbagai jurus untuk menyuruhnya?

Bagi sebagaian anak, belajar adalah hal yang paling membosankan dan mengerikan. Tetapi, bagi sebagian yang lain, belajar merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan seperti halnya bermain.

8 Solusi Tepat Dalam Membujuk Anak Yang Susah Belajar

Untuk mengatasinya, kita bisa mencoba cara-cara berikut agar anak mau belajar dengan hati yang senang dan tidak merasa disuruh.

1. Jelaskan Manfaat Belajar pada Anak dengan Kata-kata yang Mudah Dipahami

Sebelum membujuk anak belajar, untuk mempermudah anak belajar, kita harus menjelaskan dulu manfaat belajar untuknya. Berikan penjelasan sesuai dengan usianya, sehingga dia bisa paham akan manfaat belajar bagi dirinya.

2. Mendisiplinkan Jam Belajar

Untuk konsistensi, kita harus mendisiplinkan jam belajar. Kita harus menetapkan jam khusus untuk belajar, waktu bermain, waktu istirahat, waktu bersih-bersih dan lain-lain. Ketika kita sudah dapat konsisten dengan apa yang kita tetapkan, anak-anak pun akan dengan mudah untuk belajar sendiri tanpa harus disuruh.

3. Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan

Cara selanjutnya untuk membuat anak mau belajar adalah membuat suasana belajar yang menyenangkan. Suasana belajar yang menyenangkan dapat dilakukan dengan menata tempat belajar, tempat duduk, meja belajar, lampu belajar dan lain-lain. Dengan membuat tempat belajar dan suasana yang disenangi oleh anak, anak akan sangat senang untuk mau belajar.

4. Kenali Tipe Belajar Anak

Setiap anak memiliki tipe belajar yang berbeda, diantaranya ada yang tipe auditorial senang mendengarkan, tipe visual yang senang melihat melalui gambar ada juga yang tipe kinestetik atau senang belajar melalui praktek.

Nah, agar anak senang belajar maka kita harus menyesuaikan cara belajar anak sesuai dengan tipe belajarnya masing – masing.

5. Jeda dalam Belajar

Agar belajar tidak membuat lelah anak, kita harus memberikan jeda atau waktu rehat untuk anak. Hal itu dilakukan supaya anak dapat memulihkan fokus dan konsentrasinya setelah lama belajar.

6. Berikan Contoh yang Baik

Cara ampuh selanjutnya yang dapat kita lakukan agar anak mudah belajar adalah berikan contoh yang baik untuk anak.

Ketika jam belajar sudah waktunya, maka kita pun harus ikut menemani anak belajar, jangan sebaliknya kita hanya bisa menyuruh dan asyik sendiri menonton tv.

7. Maafkan dan Beri Anak Dukungan

Apabila anak susah dalam belajar, sulit fokus dan sulit memahami pelajaran, maafkanlah anak kita dan beri terus dukungan bahwa dia pasti bisa memahami dan mempelajarinya.

Hal yang paling keliru ketika anak sulit mempelajari pelajaran, adalah kita bentak dan marah-marah, sehingga anak bukan tambah bersemangat, tetapi sebaliknya akan membuat anak menjadi takut dan tidak mau belajar lagi.

8. Berikan Hadiah dan Pujian atas Keberhasilannya

Cara terakhir yang dapat kita lakukan supaya anak mudah disuruh belajar adalah dengan memberikan pujian dan hadiah, setiap kali anak berhasil dan mampu mempelajari materi pelajaran.

Hadiah dan pujian dapat meningkatkan gairah dan semangat anak untuk belajar.

Kesimpulan

Demikian, yang dapat saya bagikan cara dan trik supaya anak mudah dibujuk untuk belajar. Selamat Mencoba !!

Beri Komentar