Ingin Jadi Guru yang Disenangi Siswa Saat Mengajar? Lakukan 7 Trik Ini!

Please Share

7 Trik Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa

Mengajar di depan banyak siswa bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi guru baru yang baru lulus kuliah dan baru diterima menjadi seorang guru.

Tetapi, mau tidak mau seorang guru harus bisa presentasi dan mengajar agar ilmu yang dimilikinya dapat tersampaikan kepada siswa.

Ilmu pedagogik dan komunikasi yang baik adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang guru, agar berhasil memberikan penjelasan dan pemahaman kepada siswa-siswinya.

Metode mengajar pada saat ini banyak macamnya.

Apalagi sekarang Kurikulum 2013 yang lebih mempusatkan kepada siswa dalam arti siswa yang harus lebih banyak mempelajari pengetahuan sendiri, sedangkan guru hanya menjadi fasilitator.

Namun, ketika siswa mengalami hambatan atau kesalahpahaman dalam memahami materi, guru harus terampil juga siap menjelaskan dan mempresentasikannya kepada siswa agar tidak terjadi salah konsep atau miskonsepsi.

7 Trik Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa

Nah, untuk para guru, kali ini saya ulas 7 trik menjadi guru yang disenangi siswa saat mengajar. Berikut uraiannya :

1. Pahami apa yang kita Inginkan

Sebelum mengajar kita harus mempersiapkan RPP (Rencana Proses Pembelajaran) didalam RPP terdapat tujuan pembelajaran.

Nah, tujuan pembelajaran itulah yang harus kita pahami, supaya kita juga paham materi atau ilmu apa yang harus dikuasai siswa pada saat kita mengajar.

Sehingga kita fokus pada materi yang harus disampaikan tidak ngelantur menjelaskan hal-hal yang kurang penting atau yang tidak ada kaitannya dengan tujuan pembelajaran pada saat mengajar.

2. Bina hubungan

Trik mengajar sukses selanjutnya adalah kita harus membina hubungan dengan siswa, melibatkan mereka ketika presentasi, berkomunikasi dua arah, melakukan tanya jawab, respek dengan segala hal yang dialami siswa saat sedang mengajar.

Hal ini dilakukan agar presentasi mengajar kita tidak terasa monoton dan membosankan.

3. Pahami siswa

Pahami keadaan siswa saat kita sedang mengajar, sesuaikanlah dengan keadaan atau kondisi siswa saat itu.

Contoh bila kita presentasi atau mengajar pada siang hari yang panas, dengan kondisi siswa yang sudah terlihat lelah, maka bubuhilah presentasi kita dengan humor yang menyegarkan, cairkan suasana dengan yel-yel semangat, nyanyian semangat dan lain-lain, agar presentasi yang kita sampaikan pun bisa diterima sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa saat itu.

4. Targetkan capaian siswa

Saat mengajar kita juga harus menargetkan dan merumuskan capaian siswa yang harus terpenuhi. Kita mengajar harus jelas capaiannya.

Sederhananya harus bisa apa siswa, setelah kita melakukan presentasi pada saat itu. Untuk melihat hasil presentasi kita saat mengajar dipahami atau tidak oleh siswa, kita bisa melakukan post tes atau evaluasi diakhir pembelajaran melalui tes lisan atau tanya jawab maupun melalui tes tulis.

5. Gunakan Bahasa yang mudah dipahami

Ketika kita presentasi atau mengajarkan sebuah materi atau konsep, maka gunakanlah bahasa yang jelas yang mudah dipahami oleh siswa, kalau bisa gunakan bahasa yang mereka sukai, jangan bertele-tele dan hindari penggunaan bahasa yang rumit atau sulit dicerna.

6. Manfaatkanlah ruangan

Seluruh ruangan adalah panggung! Manfaatkanlah berbagai sudut ruangan untuk dieksplor dan dijadikan tempat mengajar.

Hal itu dilakukan agar siswa tidak terpaku pada satu tempat yang menyebabkan presentasi mengajar kita monoton atau membosankan.

7. Bersikaplah tulus

Sampaikan pesan yang terbuka, jujur dan adil secara tulus dan penuh kesabaran. Karena kemampuan siswa tidak sama rata, setiap siswa berbeda-beda tingkat kecepatannya ketika memahami materi atau konsep yang kita ajarkan.

Kesimpulan

Demikian beberapa trik yang dapat saya bagikan untuk menjadikan Anda guru yang disenangi siswa saat mengajar. Selamat mencoba, Learning by doing …!

Beri Komentar