Info Sekolah
Jumat, 30 Jul 2021
  • Kegiatan belajar mengajar tatap muka terbatas akan mulai dilaksanakan pada Hari Senin, 26 Juli 2021.

Keperawatan

Kompetensi keahlian Asisten Keperawatan berdiri dengan izin operasional tahun 2008. Kompetensi keahlian ini telah diakreditasi dua kali dengan nilai akreditasi A. Alhamdulillah sejak berdiri tahun 2008 sampai sekarang tahun 2021 telah banyak perubahan terutama dari segi pengadaan saran dan prasarana. Alhamdulillah kompetensi keahlian Asisten Keperawatan telah memiliki laboratorium sendiri dengan alat dan bahan praktek yang memadai, dan alat alat kesehatan pribadi (alkes) untuk praktek peserta didik, seperti spigmomanometer dan lain-lain. Berikut visi, misi, tujuan dan profil lulusan kompetensi keahlian Asisten Keperawatan.

Visi

Menghasilkan Asisten Teknis Keperawatan yang berakhlak mulia, kompeten dan terampil di bidang Kesehatan, berprestasi, kompetitif, berjiwa wirausaha dan mandiri pada tahun 2023.

Misi

  • Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan tenaga teknis keperawatan yang cerdas, terampil, beriman, bertaqwa dan memiliki keunggulan kompetitif
  • Mewujudkan penilaian yang otentik
  • Mewujudkan penyelenggaraan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
  • Meningkatkan minat siswa untuk berkreasi dan berinovasi
  • Mewujudkan perangkat kurikulum keperawatan yang lengkap, mutahkir dan berwawasan ke depan
  • Mewujudkan manajemen berbasis sekolah tangguh

Tujuan Program Keahlian Keperawatan

Tujuan Program Keahlian Keperawatan mengacu kepada isi UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan program keperawatan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  • Mendidik peserta didik menjadi perawat vokasi dengan keahlian dan baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri tingkat menengah.
  • Mendidik peserta didik agar mampu mengerjakan tugas rutin membantu perawat generalis menurut cara yang telah ditentukan, bersifat sederhana dan di bawah pengawasan perawat generalis.
  • Mendidik peserta didik agar dapat melakukan tindakan keperawatan dalam batas-batas sesuai dengan pendidikan dan kewenangan yang ditetapkan oleh badan yang memberikan lisensi untuk peraktek.

Adapun standar kompetensi lulusan untuk program keahlian Keperawatan adalah sbb:

  1. Melakukan komunikasi interpersonal dalam melaksanakan tindakan keperawatan.
  2. Menerapkan prinsip etik dalam keperawatan.
  3. Menerapkan prinsip-prinsip infeksi nosokomial.
  4. Melakukan tindakan pemenuhan kebutuhan kebersihan diri.
  5. Melakukan tindakan perawatan kebutuhan kebersihan lingkungan.
  6. Melakukan perawatan setelah klien/pasien meninggal dunia.
  7. Memasang buli-buli panas dan kirbat es.
  8. Mengukur tanda-tanda vital
  9. Membantu klien/pasien di tempat tidur.
  10. Memberi kompres dingin dan hangat
  11. Memberi makan dan minum klien/pasien melalui mulut.
  12. Memindahkan klien/pasien dari tempat tidur ke brankard dan sebaliknya.
  13. Melakukan mobilisasi klien/pasien miring.

Selama mengikuti kegiatan belajar di SMK Bhakti Kencana Ciawi, beberapa kegiatan yang dilakukan di kompetensi keahlian Keperawatan ini diantaranya: membuat jurnal praktek, melaksanakan praktek di laboratorium, seperi : memandikan pasien, keramasi pasien, merawat pasien, cara memandikan bayi, lansia, cara memapah pasien dan lian-lain, mengikuti kegiatan PBL (Praktek Belajar Lapangan) dan pakerin atau PKL di puskesmas dan Rumah Sakit. Sehingga setelah lulus nanti bisa bekerja di klinik kesehatan, klinik kecantikan, puskesmas, praktek dokter, melanjutkan kuliah atau berwirausaha.