Kamu Pelajar? Yuk Intip 5 Trik Jitu Menghadapi Ujian di Sekolah

Please Share

Trik Jitu Menghadapi Ujian

Sebagai pelajar ada hal yang sering menakutkan untuk dihadapi salah satunya adalah ulangan dan ujian. Setiap guru mata pelajaran pasti akan melaksanakan ulangan harian untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian materi atau keterampilan yang sudah dikuasai oleh murid-muridnya.

Selain ulangan harian masih ada serentetan ujian-ujian yang harus dihadapi oleh pelajar diantaranya Ulangan Tengah Semester (UTS) yang menjadi PTS (Penilaian Tengah Semester), UAS (Ulangan Akhir Semester) yang sekarang menjadi PAS (Penilaian Akhir Semester), UKK (Ujian Kenaikan Kelas), US (Ujian Sekolah) dan UN (Ujian Nasional).

Tapi tenang… kali ini penulis akan mencoba mengulas dan memberikan trik jitu untuk menghadapi ujian di sekolah.

5 Trik Jitu Menghadapi Ujian di Sekolah

Dan berikut ini adalah uraiannya :

1. Periksa Catatan Pelajaran dan Lengkapi

Sebelum siap-siap menghadapi ujian, kita harus memeriksa buku catatan tiap mata pelajaran, termasuk buku paket atau LKS bila ada.

Buku catatan pelajaran yang belum lengkap, harus segera kita lengkapi. Kita bisa meminjam buku dari teman yang catatannya paling lengkap atau bisa juga meminjam dari guru mata pelajaran.

Tanpa buku catatan yang lengkap, kita akan sulit membaca dan memahami materi yang akan diujiankan.

2. Cari Tahu Kisi – Kisi Ujian

Trik selanjutnya setelah kita melengkapi buku catatan, menyiapkan buku penunjang dan buku lainnya yang berkaitan dengan materi pada mata pelajaran adalah mencari tahu kisi –kisi ujian.

Cara mudah adalah kita bisa menanyakan langsung kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan atau kepada teman kita yang sudah diberi tahu kisi –kisi ujiannya oleh guru.

3. Luangkan dan Atur Waktu Khusus Untuk Baca dan Memahami Materi

Trik selanjutnya setelah kita mengetahui kisi – kisi ujian, adalah menyediakan waktu khusus untuk membaca dan memahami materi yang ada pada kisi – kisi ujian.

Kita dapat meluangkan waktu 20 atau 30 menit untuk membaca dan memahaminya di luar jam pelajaran sekolah atau saat berada di rumah

4. Perbanyak Latihan dan Mengerjakan Soal

Trik selanjutnya setelah membaca dan memahami materi yang harus kita lakukan adalah memperbanyak latihan dan mengerjakan soal.

Kumpulan soal – soal ujian dapat kita peroleh dari internet atau pun dari buku – buku soal yang tersedia di toko – toko buku.

5. Periksa Latihan Jawaban Soal oleh Guru atau Teman

Setelah kita melakukan latihan mengerjakan soal, maka yang harus kita lakukan adalah memeriksakan jawabannya kepada guru atau teman.

Bersyukurlah kalau jawaban kita benar, tetapi kalau jawaban kita masih salah, kita jangan putus asa kita bisa lebih banyak menanyakan cara pengerjaannya kepada guru atau teman yang mampu menyelesaikan dan menjawabnya.

6. Tanya Teman atau Guru tentang Materi atau Konsep yang Belum Dipahami

Selanjutnya trik terakhir dalam menghadapi ujian adalah menanyakan materi atau konsep yang belum kita pahami kepada guru atau teman.

Soal – soal yang tidak dapat kita kerjakan kebanyakan adalah karena kesalahan kita sendiri saat sebelum ujian, kita malas bertanya materi yang belum kita pahami

Kesimpulan

Demikian beberapa trik yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi ujian.

Selanjutnya setelah kamu melakukan trik-trik itu, hadapilah ujian dengan penuh percaya diri, siapkan fisik dan mental lalu hadapilah ujian, datang tepat waktu, tidak menyontek dan tawakkal.

Lilis Nurhamidah
Tuesday, 21 Jan 2020

Trik untuk menghadapi ujian agar mendapatkan hasil yang maksimal sangat membantu, terimakasih ibu

Reply

Beri Komentar