SEKILAS INFO
: - Kamis, 24-06-2021
  • 5 bulan yang lalu / Ingat pesan ibu: Pakai maskermu, Cuci tangan pakai sabun dan Jaga jarakmu. Jangan sampai kamu tertular Covid-19. Stay Clean, Stay Safe and Stay Health.
Masih Suka Nyontek? Ini Lho Kerugian yang Bakal Didapat

Kalau kamu pelajar atau mahasiswa kamu pasti sudah tidak asing dengan kata nyontek.

Nyontek adalah perbuatan yang dilakukan dengan sengaja dan disadari untuk melihat atau memperoleh informasi guna memperoleh jawaban yang benar dan nilai yang bagus yang dapat menguntungkan diri sendiri tetapi merugikan orang lain.

Nah, apakah kamu pernah nyontek? waktu mengerjakan PR, tugas, ulangan, UTS, UAS, praktek atau mengerjakan jurnal?

Kalau pernah, dan sekarang masih suka nyontek, coba simak dan resapilah beberapa kerugian yang akan kamu peroleh jika kamu suka nyontek.

4 Kerugian Dalam Menyontek

Setidaknya ada empat kerugian yang akan kamu dapatkan jika kamu suka menyontek. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Perbuatan Tercela dan Menimbulkan Dosa

Nyontek berarti berbuat curang yang dapat merugikan orang lain.

Karena kita mengerjakan tugas atau soal dengan mudahnya dengan melihat jawaban dari buku atau yang lainnnya, sedangkan orang lain harus bersusah payah berpikir untuk menjawabnya.

Segala sesuatu yang membuat madhorot atau merugikan orang lain maka itu dosa.

2. Membodohi Diri Sendiri

Dengan nyontek, sama artinya kamu membodohi diri sendiri. Karena jawaban yang diperoleh dari nyontek bukan hasil kemampuan diri sendiri.

Dengan begitu sama saja kamu membodohi diri sendiri karena dengan nyontek kamu jadi malas belajar, tidak mau bekerja keras, tidak mau berpikir, maunya instan dan cepat, tidak mau bersusah payah, dan parahnya nyontek ini berakibat fatal untuk keberhasilanmu dalam menghadapi hidup di masa depan.

3. Membohongi Diri, Orangtua, Guru dan Orang Lain

Percuma kamu memperoleh nilai bagus, ranking bagus, IPK Cumlaude kalau hasil dari nyontek, karena sama saja dengan membohongi diri, orang tua dan guru atau dosen kita.

Sebahagia apapun kita mendapatkan ranking/IPK dan nilai yang bagus, kita tidak akan pernah merasa bahagia secara hakiki dan tidak akan pernah puas karena hasil yang kita peroleh bukan dari kemampuan sendiri.

4. Merugikan Diri Sendiri

Nyontek dapat merugikan diri sendiri karena kita memperoleh jawaban dan nilai dengan cara instan tidak berdasarkan kemampuan kita sendiri.

Karena kita sering nyontek, maka kemampuan kita, daya juang, kemampuan berpikir, kerja keras, rasa pantang menyerah akan berkurang dan tidak akan kita miliki serta kita tidak akan pernah mengetahui sejauh mana kemampuan dan kesanggupan kita dalam memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan dan lain-lain.

Hal ini dapat merugikan diri kita sendiri di masa depan dalam masyarakat, dunia kerja dan dalam sosialisasi dengan orang lain.

Kesimpulan

Nah, itu beberapa kerugian ketika kita suka nyontek.

Mulai sekarang lebih banyaklah membaca, belajar, tingkatkan percaya diri dan hadapilah segala tugas, ulangan, UTS atau UAS dengan mengerjakannya sendiri, karena kesuksesan di masa depan tidak bisa diperoleh dengan hanya bermodalkan nilai atau IPK yang bagus.

1 komentar

Luthfi Djulpria Ananta, Selasa, 21 Jan 2020

Memang betul menyontek itu tidak baik bukan hanya merugikan bagi orang lain tapi diri sendiri juga merasa terugikan merasa dibohongi, karena apabila kita mengerjakan sesuatu ujian atau ulangan dengan cara menyontek itu tidak murni kemampuan hasil berpikir sendiri, percuma dapat nilai bagus juga kalo dengan cara menyontek. Teruslah belajar dengan giat raihlah nilai yang besar dengan cara usaha dengan keras dengan belajar dengan giat..👍

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Kunjungi Kami

Butuh Bantuan? Ngbrol Dengan Kami
Please accept our privacy policy first to start a conversation.