MPLS Asik dan Menyenangkan Di SMK Bhakti Kencana Ciawi

Please Share

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS di SMK Bhakti Kencana Ciawi dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Pada tahun ajaran 2023/2024 ini SMK Bhakti Kencana Ciawi melaksanakan MPLS pada hari senin, selasa dan kamis. Tepatnya pada tanggal 17, 18 dan 20 juli 2023.

MPLS diikuti oleh 56 peserta dari kelas X yang merupakan peserta didik baru. Terdiri dari 28 orang dari Kompetensi Farmasi Klinis dan Komunitas dan 28 orang dari Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan dan Care Giver.

Penyelenggara MPLS di SMK BKC ini adalah staf guru dan TU dengan penanggung jawabnya kepala sekolah. Selain itu, kegiatan MPLS di SMK BKC juga dibantu oleh anggota OSIS untuk lebih mengefektifkan kegiatan yang dilaksanakan.

MPLS di SMK BKC menerapkan prinsip 5T agar kegiatannya edukatif, kreatif, edukatif, asik dan menyenangkan.

Adapun prinsip 5T yang diterapkan dalam kegiatan MPLS adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, Ta’aruf adalah saling mengenal. Kegiatan MPLS di SMK BKC diarahkan untuk saling mengenal antar peserta didik, guru, lingkungan sekolah, sarana prasarana yang ada di sekolah dan lain-lain.
  2. Kedua, Tafahum yaitu saling memahami. Kegiatan MPLS diarahkan untuk saling memahami antar peserta didik yang memiliki latar belakang keluarga yang berbeda, karakter, sifat dll yang berbeda.
  3. Ketiga, Ta’awun adalah saling menolong. Kegiatan MPLS diutamakan untuk menjadi momen saling tolong menolong antar peserta didik baru terutama untuk meningkatkan karakter positif ini.
  4. Keempat, Tasamuh yaitu saling toleransi. Kegiatan MPLS di SMK BKC diarahkan untuk menguatkan karakter positif ini yaitu saling toleransi, menghormati dan menghargai antar peserta didik baru.
  5. Kelima, Takaful adalah saling memberi jaminan. Memberi jaminan rasa aman, tidak ada kekerasan, perploncoan dan perundungan. Kegiatan MPLS ini harus bersifat edukatif, kreatif, asik dan menyenangkan.

Demikian informasi kegiatam MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMK Bhakti Kencana Ciawi untuk diketahui oleh orangtua peserta didik baru khususnya, umumnya untuk semua masyarakat sebagai pelayanan informasi dari sekolah.

Beri Komentar