SMK BHAKTI KENCANA CIAWI Laksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2024/2025

Please Share

Pada hari kamis tepatnya tanggal 12 januari 2024, SMK Bhakti Kencana Ciawi menggelar kegiatan pemilihan ketua dan wakil OSIS (Organisasi Intra Sekolah). Rangkaian kegiatan pemilihan OSIS diawali hari senin tanggal 9 januari 2024 perkenalan kandidat OSIS dilanjutkan hari selasa debat dan puncaknya hari kamis tanggal 12 januari 2024 yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.

Ada tiga kandidat yang mencalonkan diri sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS. Tiga kandidat yang mencalonkan diri yaitu dari kelas X dan Kelas XI masing-masing dari Kompetensi Keahlian Farmasi dan Keperawatan.

Adapun hasil pemilihan yang telah dilakukan untuk ketua dan wakil ketua OSIS terpilih adalah ananda Asep Surya dari kelas XI Keperawatan dan Ananda Rahma Maulida dari kelas X Farmasi.

Semoga ketua dan wakil ketua OSIS terpilih periode 2024/2025 bisa menjalankan amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di SMK Bhakti Kencana Ciawi rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai sarana aktualisasi diri peserta didik dalam pengalamannya berorganisasi.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS di sekolah memiliki beberapa manfaat yang penting:

Mewakili Suara Siswa: Ketua dan wakil ketua OSIS dipilih oleh para siswa, sehingga mereka dapat menjadi perwakilan yang baik untuk menyuarakan kepentingan dan masalah yang dihadapi oleh siswa di sekolah.

Mengembangkan Kepemimpinan: Proses pemilihan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar tentang kepemimpinan. Ketua dan wakil ketua OSIS akan belajar cara memimpin, berkomunikasi, dan bekerja sama dengan orang lain dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah.

Mengajarkan Tanggung Jawab: Menjabat sebagai ketua dan wakil ketua OSIS mengajarkan siswa tentang tanggung jawab. Mereka harus bertanggung jawab atas tugas-tugas mereka, membuat keputusan yang baik, dan memperjuangkan kepentingan siswa secara bertanggung jawab.

Mendorong Keterlibatan Siswa: Proses pemilihan ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan di sekolah. Siswa akan merasa lebih terlibat dan memiliki rasa memiliki terhadap sekolah mereka karena mereka memiliki peran dalam memilih pemimpin mereka sendiri.

Mengembangkan Keterampilan Sosial: Melalui peran mereka, ketua dan wakil ketua OSIS akan belajar banyak tentang berinteraksi dengan orang lain, membangun hubungan, dan bekerja dalam tim. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang sangat berharga untuk masa depan.

Memperkuat Komunitas Sekolah: Dengan memiliki pemimpin siswa yang terpilih, sekolah dapat memperkuat komunitasnya. Ketua dan wakil ketua OSIS dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya dan membantu membangun ikatan yang kuat di antara siswa.

Dengan demikian, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS bukan hanya sekadar proses formal, tetapi juga merupakan bagian penting dari pembelajaran dan pengembangan siswa di sekolah.

Beri Komentar