Pelaksanaan ANBK di SMK Bhakti Kencana Ciawi

Please Share

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK adalah bagian dari proses pemetaan mutu sistem pendidikan (sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar serta menengah) yang lebih praktis dilakukan.

Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini, ANBK di tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dilaksanakan pada akhir bulan agustus 2022. Di SMK Bhakti Kencana Ciawi sendiri, ANBK dilaksankan pada hari senin dan selasa pada tanggal 29-30 agustus 2022.

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yang sudah resmi dijadikan sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dalam ANBK, proses penilaian tidak sembarangan dilakukan.

Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini SMK Bhakti Kencana Ciawi melaksanakan ANBK dalam 3 sesi yang pesertanya adalah perwakilan dari kelas XI berjumlah 45 orang dari berbagai program keahlian, yaitu farmasi, keperawatan dan TKJ (Teknik Komputer Jaringan).

Pelaksanaan ANBK di SMK Bhakti Kencana Ciawi dilaksanakan secara online, yaitu dengan akses internet stabil serta memiliki komputer proktor untuk membuka token.

Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu:

Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid,

Kedua, Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid,

Ketiga, Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Alhamdulillah kegiatan ANBK di SMK Bhakti Kencana Ciawi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan pelayanan sekolah terhadap peserta didik untuk memotivasi dan melipatgandakan kegiatan pembelajaran yang baik dalam literasi, numerasi, karakter serta lingkungan belajar yang nyaman.

Beri Komentar