Rangkaian Kegiatan Kunjungan Industri Peserta Didik SMK Bhakti Kencana Ciawi Ke RSJD Dr. Amino Gundo Hutomo dan PT. Victoria Care

Please Share

Pada tanggal 11 sampai 13 sepetember 2023 peserta didik SMK Bhakti Kencana Ciawi atau SMK BKC khususnya kelas XI melaksanakan Kunjungan industri.

Kunjungan Industri yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin yang diprogramkan setiap tahun di kelas XI.

Pada tahun 2023 ini, kelas XI yang mengikuti kunjungan industri adalah dari Kompetensi Keahlian Farmasi dan Keperawatan.

Kunjungan Industri ini rutin dilaksanakan dan pada tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan tujuan ke kota Semarang Jawa Tengah. Ada dua industri yang menjadi tujuan yaitu RSJD Dr. Amino Gundohutomo dan PT. Victoria Care.

Selain peserta didik, panitia guru pun dilibatkan dalam kegiatan Kunjungan Industri ini. Panitia guru yang mengikuti kegiatan ini bertugas untuk membimbing, mengarahkan dan mengatur segala hal agar kegiatan bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

Panitia guru yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Kepala Program Farmasi, Kepala Program Keperawatan dan perwakilan guru dari masing-masing.

Kegiatan Kunjungan Industri ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari hari senin sampai hari rabu tepatnya mulai dari tanggal 11 sampai 13 september 2023.

Program Kunjungan Industri ini diantaranya adalah bertujuan untuk meningkatkan ilmu, wawasan, pengetahuan dan pengalaman peserta didik dalam bekerja di dunia industri atau dunia kerja sesuai dengan kompetensi keahliannya masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi gambaran nyata bagi peserta didik saat nanti bekerja di dunia kerja atau di dunia industri sesuai dengan kompetensinya masing-masing yaitu Farmasi dan Keperawatan.
Pada hari senin tanggal 11 september 2023 tujuan pertama kunjungan Industri adalah Rumah Sakit Jiwa Daerah atau RSJD Dr. Amino Gundohutomo yang berlokasi di Jl. Brigjen Sudiarto No. 347, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang Jawa Tengah.

Di RSJD Dr. Amino Gundohutomo peserta didik diberikan penjelasan oleh Kepala Bagian Keperawatan dan Farmasi tentang profil rumah sakit secara lengkap berikut tenaga kesehatan perawat dan apotekernya.

Sesi berikutnya pun berlanjut peserta kunjungan industri diajak berkeliling oleh pihak rumah sakit ke ruangan khusus perawatan dan apotek serta penyimpanan obat yang dibimbing oleh pihak rumah sakit.
Tujuan selanjutnya yaitu tujuan kedua yang dikunjungi adalah PT. Victoria Care yang beralamat di Jl. Jendral Gatot Subroto, Kawasan Industri Candi Blok A-5/8, Semarang Jawa Tengah.

Di PT. Victoria Care merupakan salah satu perusahan besar di Indonesia yang memproduksi berbagai macam produk perawatan diri mulai dari skin care, produk perawatan rambut, hand body, hand wash, hand sanitizer dan masih banyak lagi produk perawatan lainnya.

Di PT. Victoria Care peserta didik diajak untuk melakukan permainan atau ice breaking terlebih dahulu. Kegiatan permainan ini kdibimbing oleh pihak Perusahaan untuk memunculkan semangat dan motivasi peserta didik sebelum berlanjut ke sesi selanjutnya.

Setelah selesai permainan, peserta didik diajak dan dipandu untuk berkeliling ke tempat pengolahan limbah Perusahaan.

Setelah selesai berkeliling ke area pengolahan limbah, peserta didik dipandu untuk melihat proses produksi yang dilaksanakan di Perusahaan.

Tak hanya itu, di PT. Victoria Care, peserta didik juga diberikan berbagai ilmu dan wawasan tentang profil Perusahaan, cara produksi, pemasaran marketing dan sebagainya.

Setelah selesai berkunjung ke dua industri yang dituju, hari terakhir peserta didik diajak untuk berkunjung ke museum merapi yaitu Omahku Memoriku sekalian berkeliling ke lereng merapi menggunakan mobil jeep yang telah disiapkan.

Sebelum pulang peserta didik menginap di hotel untuk beristirahat, berkunjung ke Malioboro Ypgyakarta dan pulang menuju ke rumah masing-masing.

Demikian liputan langsung rangkaian Kegiatan Kunjungan Industri yang dilaksanakan peserta didsik SMK BKC. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan wawasan peserta didik sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Beri Komentar